Ca'LoEm BlogG

Senin, 31 Januari 2011

Alexander Graham Bell Penemu Telepun

Saat ini kuwi kuwi, bapak" ibu", anak", pak lek bu lek, tukang beck bahkan tukang bakso pastilah ngerasain mudahnya dalam berkomunikasi karena adanya telepon alias (HaPe) di masa ini. . . .hehehe.
Berbagai macam telepon dari yang telepon genggam telepon rumah hingga blackberry, bluebaerry dengan fitur fitur modern dan berbagai macam modifikasi yang ada di telepon sekarang ini udah biasa!!. Di kamar di ruang tamu, sampe" di WC pun bisa saling komunikasi gara gara telpon.

Pernah ga sih di pikiran kalian muncul pertanyaan......."Siapa sih yang nyiptain telepon pertama kali, pandai bner bisa buat gulek" jadi bisa ngomong???...(lhu. . . .just guyonz alias bercanda..hehehe)

OK, well. e well seseorang yang udah berjasa banget bagi bangsa, negara dan umat manusia itu adalah.....
tidak lain dan tidak bukan beliau, Alexander Graham Bell (jeng jeng jeng).Mungkin yang namanya bel yang bisa bunyi "kring kring kring" itu lho, pasti diambil dari nama Pak Bell ini juga kayak,e. Betull ga??..mungkin..
Mr.Bell, lahir pada 3 Maret 1847 di Edinburg, Skotland lhu bukan Inggris, jadi kalo misalkan ada statemen yang menyebutkan kalo Mr.Bell itu kelahiran Inggris that's big wrong mas, mba'. 

Beliau emang kturunan orang pinter!!, semua keluarganya aja mentingin banget yang namanya pendidikan, buktinya ayahnya jadi psikolog plus elocution yang namanya nyerempet" dikit ama Graham Bell yaitu Alexander Melville Bell. Lha sedangkan kakeknya ato ayah dari ayahnya Mr. Graham Bell, merupakan elucution professor. So, ga kaget kalo beliau jadi orang pinter di masanya. (ga kaya' yang nulis blogg ini) 
Mr.Bell memutuskan menjadi asisten ayahnya setelah menamatkan kuliahnya di University of Edinburg dan University College di London (whuuuuzz hebat!!). ternyata selain menciptakan telepon, Mr.Bell juga pernah ngajar orang" cacat pendengaran alias tuna rungu supaya agar bisa berbicara dengan menggunakan metode ayahnya yaitu dengan cara memperhatikan posisi bibir dan lidah lawan bicara. Mulia juga ya Si Mr.Graham Bell ini. Salut buat beliau dan keluarganya!!

Pada saat Mr.Bell bermukim di London, beliau sempat belajar
tentang percobaan yang dilakukan oleh Herman Ludwig von Helmholtz berupa tuning fork dan magnet yang bisa menghasilkan bunyi yang terdengar nyaring. Barulah tahun 1865 Mr. Bell mendalami tentang suara yang keluar dari mulut saat ngomong. Karena semakin tertarik ama segala macem yang mengenai bunyi"an(entah dari mulut ke' ato yang lainnya), beliau pun ga keberatan waktu ngajar di Sarah Fuller, Boston yang merupakan sekolah khusus orang" tuli, ato bahasa lembutnya tuna rungu di tahun 1870. Pada 1873 akhirnya Mr.Bell diangkat menjadi guru besar psikologi di Boston University. Bahkan hampir seluruh hidupnya beliau habiskan dengan orang" cacat pendengaran sampe" nih dibela"in bikin American Association to Promote the Theahing of Speech to the Deaf....!!! (tepuk tangan bwt Mr.Bell).
Penelitian pertama Mr.Bell pake phonatograph, multiple telegraph dan electric speaking telegraph dari tahun 1873 sampe 1976  dibiayai oleh dua orang bokap dari salah dua muridnya. Salah satu penyandang dananya  yaitu Gardiner Hubbard yang punya anak cewek tapi tuli, namanya Mabel,(haaaah mebel?? salah ndablegg!! Mabel) sekali lagi Mabel. Cewek inilah yang akhirnya jdi istri Telpon man alias Mr.Bell.

Suatu ketika di hari yang indah, matahari bersinar cerah n saya masih belum lahir, Mr. Bell  mengutarakan keinginannya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Belliau pun ngajakin temennya Thomas Watson buat bantu nyediain perlengkapannya. Eksperimennya pake alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan, peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Juni 1875.

In the End, voilahhhh!!! terciptalah karya Alexander Graham Bell sebuah pesawat penerima telepon n pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet. Lha pada tanggal 14 Februari 1876 Bell mematenkan hasil penemuannya, tapi oleh US Patent Office penemuan Mr.Bell ini baru resmi dipatenkan pada tanggal 7 Maret untuk “electric speaking telephone”.

Bell terus memperbarui penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi “Watson, come here, I want you” pada tanggal 10 Maret 1876.


Pengikut

Powered By Blogger

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More